Tapi dengan Catatan Konsumsi Oatmeal Bantu Turunkan Berat Badan

Tapi dengan Catatan Konsumsi Oatmeal Bantu Turunkan Berat Badan

Oatmeal merupakan makanan yang termasuk kelompok gandum utuh. Para ahli gizi merekomendasikan konsumsi oatmeal karena berbagai manfaatnya.Sebab, ia me

Pakaian Tak Cukup Malah Muat di Tubuh Anjing 16 Orang Bernasib Sial Karena Tertipu Belanja Online
Intip Perawatan Wajah Dewi Sanca Agar Tetap Kinclong Saat Hamil
6 Zodiak yang Benci Melakukan Kesalahan. Virgo Terlalu Kritis Kamu Termasuk

Oatmeal merupakan makanan yang termasuk kelompok gandum utuh. Para ahli gizi merekomendasikan konsumsi oatmeal karena berbagai manfaatnya.Sebab, ia mengandung serat tinggi. Namun, apakah turun berat badan termasuk di antaranya?

Sebelum masuk dalam kemungkinan penurunan berat badan, kita perlu paham dulu apa saja kandungan nutrisi oatmeal. Satu cangkir oatmeal yang dimasak terkandung sekitar 150 kalori dan kita sudah mendapatkan 5 gram serat (sekitar 18 persen dari kecukupan harian), satu sajian whole grain, dan sekitar 6 gram protein (setara dengan telur). Selain itu, oatmeal juga sumber nutrisi penting lain, seperti kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, selenium, dan potasium.

Penelitian menunjukkan, pemakan oatmeal cenderung memiliki pola makan lebih sehat dibanding bukan pemakan oatmeal. Di dalam oatmeal terkandung serat yang unik, yakni beta glucan. Menurut penelitian, jenis serat ini membantu mengatur hormone lapar sehingga kita cenderung lebih puas setelah makan.

Beberapa penelitian dilakukan untuk membandingkan efek antara kelompok orang yang makan dua sajian oatmeal perhari pada wanita yang kegemukan dan yang obesitas. Sebagian dari wanita itu tidak mendapatkan penurunan berat badan dibanding dengan kelompok yang memiliki pola makan rendah kalori dengan asupan serat rendah. Tetapi, pada mereka yang memasukkan oatmeal dalam pola makannya, berarti asupan seratnya bertambah dan berat badan yang berkurang juga lebih banyak.

Dalam durasi pengamatan yang lebih panjang, makin terlihat perbedaan signifikan dalam penurunan berat badan. Mengonsumsi oatmeal membantu menurunkan berat badan, terlebih jika kita juga memiliki pola makan dengan kalori terkontrol. Jadi, pola makan secara keseluruhan juga harus diperhatikan, tidak bisa hanya menggantungkan pada oatmeal saja.

Konsumsi oatmeal diketahui memiliki manfaat lain, yaitu memperbaiki asupan nutrisi secara umum serta menurunkan kadar kolesterol. Hal ini sudah lama dibuktikan lewat berbagai penelitian.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0