Semua Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup Sementara Cuaca Ekstrem

Semua Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup Sementara Cuaca Ekstrem

Jalur pendakian yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ditutup mulai pukul 09.00 WIB, Jumat (3/1/2020). Hal ini dikarenakan cuaca buruk

Qualcomm Dukung Percepatan Kesiapan IoT di Indonesia
Nyamar Jadi Lansia Demi Naik Pesawat ke Amerika, Pria Ini Ditangkap
Melihat Matahari Terbit hingga Bunyikan Lonceng Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru di Korea Selatan

Jalur pendakian yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ditutup mulai pukul 09.00 WIB, Jumat (3/1/2020). Hal ini dikarenakan cuaca buruk yang terjadi sejak 1 Januari 2020. Menurut anggota relawan jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho, Sutarjo, imbauan ini berlaku untuk semua jalur pendakian Gunung Lawu seperti Cemara Sewu, Cemara Kandang, dan Candi Cetho.

"Tiga jalur pendakian semua tidak boleh dinaiki, ditutup semua tadi pukul 09.00 WIB. Jadi diharapkan semua tidak nekat mendaki, kami sudah imbau di basecamp Barokah," kata Sutarjo yang juga pemilik basecamp Lawu via Cetho Barokah, Jumat (3/1/2020) siang. Selain itu, Sutarjo mengatakan belum dapat memastikan kapan jalur pendakian akan dibuka kembali untuk umum.

Ia melanjutkan, semua informasi pembukaan jalur akan ditentukan melalui faktor cuaca. "Jika kondisi sudah memungkinkan, cuacanya bagus, udah gak hujan deras lagi, ya pasti akan dibuka lagi. Tapi kami belum tahu ini sampai kapan, tunggu informasinya saja," lanjutnya.

Sebelumnya, ketika ditutup, jalur pendakian terbilang ramai oleh pengunjung. Menurut Sutarjo terdapat sekitar 500 pendaki per harinya yang naik ke Gunung Lawu. Rata rata mereka hendak mencapai Puncak Tertinggi Gunung Lawu, yaitu puncak Hargo Dumilah.

Selain Gunung Lawu, gunung gunung lain yang menutup jalur pendakian adalah Gunung Semeru, Gunung Rinjani, dan Gunung Gede Pangrango. Pendaki diminta untuk mematuhi peraturan penutupan kegiatan pendakian yang ada karena faktor keselamatan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0