Minimal Sudah Iuran 12 Kali ketentuan Turun Kelas BPJS Kesehatan buat Peserta Mandiri

Minimal Sudah Iuran 12 Kali ketentuan Turun Kelas BPJS Kesehatan buat Peserta Mandiri

Turun kelas BPJS kesehatan menjadi tujuan beberapa masyarakat setelah mengetahui kenaikan iuran kisaran 100 persen. Untuk turun kelas BPJS, masing mas

Usai Debat Capres, Prabowo Melayat Ke Rumah Duka Isteri Jenderal Panggabean
Pendaftaran Lowongan BUMN PT Pegadaian Tersisa Hari Ini dan Besok, Simak Cara dan Persyaratannya!
Beda Pandangan Politik Tapi Saling Sayang Di Saat Susah Kisah Persahabatan Sejati Soekarno Hatta

Turun kelas BPJS kesehatan menjadi tujuan beberapa masyarakat setelah mengetahui kenaikan iuran kisaran 100 persen. Untuk turun kelas BPJS, masing masing anggota diwajibkan memenuhi syarat khusus. Misalnya bagipeserta dari kelas 1 ingin turun kelas 2, kelas 2 turun kelas 3 harus memenuhi syarat turun kelas BPJS.

Syarat turun kelas BPJS Kesehatan yaitu peserta harus sudah pernah iuran sebanyak 12 kali. "Perubahan terakhir pada tanggal 21 06 2019. Perubahan selanjutnya dapat dilakukan pada tanggal 21 06 2020." Seseorang peserta mandiri dapat turun kelas BPJS apabila telah menjadi peserta minimal selama 1 tahun pada kelas iuran tersebut.

Perubahan kelas rawat dapat dilakukan setelah 1 tahun dan harus diikuti perubahan kelas rawat seluruh anggota keluarga. Peserta yang melakukan perubahan kelas perawatan pada bulan berjalan, maka kelas perawatan barunya berlaku pada bulan selanjutnya. Perubahan kelas rawat bisa dilakukan melalui lima cara.

Layanan tersebut adalah aplikasi mobile JKN, care center BPJS Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Mandiri, Bisa Pakai Aplikasi Berikut cara pindah kelas BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN:

Sebelum mencoba cara turun kelas BPJS Kesehatan secara online, lebih baik cek terlebih dahulu persyaratan yang dibutuhkan. 1. Download aplikasi JKN Mobile di Playstore atau AppStore. 2. Buka aplikasi kemudian pilih 'Pendaftaran Penggunaan Mobile', bagi yang sudah mendaftar bisa pilih Login.

3. Masukan nomor kartu BPJS, nomor KTP/NIK, dan informasi lainnya. 4. Mulai dari halaman beranda. 5. Pilih menu, sebelah kiri atas.

6. Pilih 'ubah data peserta'. 7. Silahkan pilih kelas pada kolom paling bawah. Peserta menghubungi Care Center ke nomor 1500 400 dan menyampaikan perubahan data peserta dimaksud.

Peserta mengunjungi Mobile Customer Service (MCS) pada hari dan jam yang telah ditentukan. Setelag itu peserta harus mengisi Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) dan menunggu antrian untuk mendapatkan pelayanan. Peserta mengunjungi Mall Pelayanan Publik, mengisi Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) dan menunggu antrian untuk mendapatkan pelayanan.

Peserta mengunjungi Kantor Cabang atau Kantor. 1. BPJS peserta harus terdaftar minimal satu tahun pada kelas iuran. 2. Status BPJS peserta harus aktif dan tidak ada tunggakan iuran.

3. Apabila melalukan perpindahan kelas pada bulan berjalan, maka perubahan baru akan berlaku pada bulan selanjutnya. 4. Perubahan status kelas akan berlaku untuk seluruh anggota keluarga yang terdaftar. Apabila cara turun kelas BPJS Online tidak berhasil, disarankan untuk datang langsung ke kantor BPJS terdekat.

Melansir dari Kompas.com , besaran iuran BPJS sebesar Rp 42.000 per bulan untuk kelas III. Sementara untuk kelas II sebesar Rp 110.000 per bulan dan Rp 160.000 per bulan untuk kelas I. Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf menyampaikan bahwa kenaikan iuran tersebut akan berlaku mulai 1 Januari 2020.

"Untuk (kelas) mandiri akan berlaku 1 Januari 2020, dengan penyesuaian sebagaimana dalam Perpres. Kelas I dari Rp 80.000 menjadi Rp 160.000, kelas II dari Rp 51.000 menjadi Rp 110.000, Kenaikan iuran BPJS Kesehatan tertulis dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yang diteken Jokowi pada 24 Oktober 2019.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0