Menristekdikti Luncurkan Tokopedia UI AI Center Of Excellence Pertama Di Indonesia

Menristekdikti Luncurkan Tokopedia UI AI Center Of Excellence Pertama Di Indonesia

Alexander Farrel, Penyandang Tuna Netra yang Raih Nilai 100 di Ujian Nasional Matematika
Tahun Ajaran Baru Segera Tiba, Yuk Kenali Tiga Jalur PPDB 2019 Ini!
Akses Internet Jadi Tantangan Konsep Merdeka Belajar di Lokasi Terpencil Mendikbud

‎Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir meresmikan peluncuran Tokopedia UI Artificial Intelligence (AI) Center of Excellence, pusat pengembangan pertama di Indonesia yang didukung teknologi super komputer deep learning dari NVIDIA. Acara peluncuran ini yang digelar di Gedung Baru Fasilkom UI, Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019) dan dihadiri pula CEO Tokopedia William Tanuwijaya, VP of Engineering Tokopedia Herman Widjaja, Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis, Director SEA Region NVIDIA Ettikan Karuppiah serta Dekan Fasilkom UI Mirna Andriani, dan para mahasiswa. Hadirnya Tokopedia UI AI Center of Excellence ini diharapkan bisa mendorong para pelaku akademi dan peneliti dalam memanfaatkan teknologi, khususnya AI sehingga bisa menghadirkan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan industri.

"Kita patut mengapresiasi lahirnya Tokopedia UI AI Center of Excellence sebagai pusat pengembangan AI pertama di Indonesia‎ dengan teknologi super komputer. Pusat pengembangan ini diharapkan bisa melahirkan putra putri terbaik Indonesia yang ahli di bidang riset dan teknologi, yang mempu memberikan solusi bagi permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat kedepannya," ujar Mohamad Nasir. Lebih lanjut, CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan melalui teknologi AI maka semua orang bisa memperluas bisnis dari manapun mereka berada dan dapat menghantarkan produk serta menghadirkan layanan terbaik. Dimana setiap konsumen di Indonesia bisa menerima setiap produk yang mereka pesan dalam hari yang sama. ‎Saat ini tercapai, Tokopedia telah selangkah lebih dekat dalam mendorong pemerataan ekonomi secara digital.

"Semua hal ini tidak hanya menjadi mimpi, dapat direalisasikan melalui AI seperti demand prediction, smart warehouse dan smart logistic. Di Tokopedia kami percaya teknologi seharusnya menjadi enabler yang memberdayakan masyarakat dan tidak jadi disruptor," paparnya. "‎Hari ini kami mengumumkan kolaborasi kami dengan UI untuk menjembatani pelaku akademi dan periset, bersama sama dengan seluruh pemangku kepentingan agar dapat mendorong riset dan pengembangan AI demi pemberdayaan dan kemajuan bangsa," tambah William. Terpisah, Rektor UI Muhammad Anis menuturkan sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, UI memiliki komitmen untuk memajukan bangsa melalui semangat riset dan inovasi. UI juga memiliki tanggung jawab di dalam mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi bangsa.

"Agenda hari ini menjadi bukti bahwa semangat riset dan inovasi UI didukung penuh oleh perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia. ‎Diharapkan kolaborasi ini mencetak lulusan yang unggul dan siap berkompetisi secara global dan dapat menstimulus semangat berinovasi bagi sivitas akademika UI untuk menghasilkan temuan riset berkenal demi kemajuan ekonomi bangsa," kata Muhammad Anis. Caption : Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir bersama dengan CEO Tokopedia William Tanuwijaya, VP of Engineering Tokopedia Herman Widjaja, Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis, Director SEA Region NVIDIA, Ettikan Karuppiah dan Dekan Fasilkom UI Mirna Andriani meresmikan peluncuran Tokopedia UI Artificial Intelligence (AI) Center of Excellence di Gedung Fasilkom UI, Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019).

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0