Jokowi Pastikan Persediaan Logistik Masih Baik buat Bulan Ramadhan Hadapi Pandemi Corona

Jokowi Pastikan Persediaan Logistik Masih Baik buat Bulan Ramadhan Hadapi Pandemi Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, kemungkinan masyarakat harus menjalani ibadah bulan Ramadhan di tengah pandemi virus corona. Mengingat, ju

Anies Baswedan Tetapkan Jakarta Tanggap Darurat Bencana Covid-19 Selama 14 Hari BREAKING NEWS
Keluarga Ini Selamat dari Corona Padahal Sembunyi di Pasar Wuhan
RSPI Sulianti Saroso Juga Isolasi 4 Orang Lainnya Selain 2 Warga Depok yang Positif Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, kemungkinan masyarakat harus menjalani ibadah bulan Ramadhan di tengah pandemi virus corona. Mengingat, jumlah pasien positif corona yang bertambah setiap harinya, hingga data terakhir menyentuh angka 1.790 per Kamis (2/4/2020). Sehingga pemerintah bersama masyarakat harus mempersiapkan bulan Ramadhan sejak dini.

Mengenai persediaan bahan pokok dan pangan, Jokowi memastikan masih baik. Ia pun memerintahkan Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan memastikan harga sejumlah komoditas pertanian di pasaran terus normal. "Saya sudah cek juga ke Bulog, saya cek ke daerah daerah mengenai panen raya seperti apa."

"Saya melihat beras, daging, telur, gula, terigu, dan lain lainnya masih berada pada kondisi baik,” ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis, dikutip dari YouTube . Jokowi juga meminta harga bahan bahan pokok tersebut dipastikan normal. “Tadi Menteri Pertanian sudah menyampaikan bahwa minggu minggu depan, mungkin harga (gula) akan turun pada posisi normal lagi di Rp 12.500."

"Menteri Perdagangan juga menyampaikan kepada saya bawang juga beberapa sudah masuk." "Kita harapkan bawang putih pada minggu minggu depan atau syukur minggu ini sudah kembali ke normal, harga di Rp 20.000 sampai Rp 30.000,” jelasnya. Namun, distribusi beras di dua daerah harus terhambat oleh jalan jalan yang ditutup.

“Saya kemarin mendapatkan laporan dari dua daerah, urusan beras ini agak terganggu karena jalan jalan yang ditutup," katanya. Jokowi lalu meminta Menteri Dalam Negeri untuk memberi teguran kepada kepala daerah yang bersangkutan. "Jadi tolong kepala daerah diberitahu mengenai ini,” tegasnya.

Ia melanjutkan, bantuan bagi masyarakat yang berada di lapisan bawah, diharapkan segera diimplementasikan. Sejumlah bantuan diharapkan dapat menjaga daya beli masyarakat di saat menjalani ibadah Ramadan nanti. Ia juga meminta agar para tokoh agama dan masyarakat ikut terlibat dalam sosialiasi disiplin menjaga jarak aman.

Lalu, juga soal edukasi pentingnya cuci tangan yang benar serta berdiam di rumah. Masyarakat juga harus memahami terkait karantina mandiri untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. “Ini perlu terus disampaikan dalam rangka menjalankan protokol kesehatan secara ketat baik di rumah maupun di luar rumah secara disiplin,” imbuh Jokowi.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0