Hartanya Mencapai Rp 24 Triliun Kakak Menteri BUMN Erick Thohir Mengenal Sosok Boy Thohir

Hartanya Mencapai Rp 24 Triliun Kakak Menteri BUMN Erick Thohir Mengenal Sosok Boy Thohir

Yang resmi dilantik menjadi menjadi sorotan publik, termasuk sosok sang kakak lelaki. Diketahui bahwa ternyata memiliki kakak laki laki bernama atau b

Sri Mulyani Ingin Bayar Pajak Semudah Isi Pulsa Telepon
Utang Miliaran Ternyata Tak Punya Mobil Kini Menkeu Sri Mulyani Eks Direktur Bank Dunia Apa Iya
Dunia Terancam Resesi, Harga Emas Justru Makin Seksi

Yang resmi dilantik menjadi menjadi sorotan publik, termasuk sosok sang kakak lelaki. Diketahui bahwa ternyata memiliki kakak laki laki bernama atau bisa dikenal . Garibaldi Thohir lahir di Jakarta, 1 Mei 1965.

Ia merupakan anak dari Teddy Thohir, satu diantara pemilik grup Astra Internasional bersama William Soeryadjaya. Rupanya , dan berkawan. Mereka bertiga merupakan pengusaha andal sejak muda. Di antara mereka pernah mendirikan perusahaan bersama.

Sebelum membangun dunia bisnisnya, Garibaldi Thohir bergabung dengan Astra yang saat itu dipimpin oleh ayahnya. Setelah merasa cukup belajar di Astra, ia mencoba peruntungannya dengan mendirikan perusahaan properti dengan membangun aparteman di kawasan Casablanca, Jakarta. Garibaldi Thohir atau biasa dikenal dengan Boy Thohir merupakan investor dan pengusaha pengusaha tambang batu bara.

Dia mengembangkan Energy bersama Edwin Soeryadjaya dan Theodore Permadi Rachmat, sekaligus menjabat presiden direktur. Pada 1992, Garibaldi bergabung dengan perusahaan tambang di Sawah Lunto Sumatera Barat, yaitu PT Allied Indo Coal. Pada 1997, dia juga memulai bisnisnya di bidang keuangan dengan mengakusisi perusahaan multi finansial PT Wahana Ottomitra Multiartha atau dikenal dengan sebutan PT WOM Finance.

Di tahun 2005, bersama Theodore Permadi Rachmat, Edwin Soeryadjaya, dan Benny Soebianto, membentuk konsorsium baru membeli saham Energy dari New Hope, perusahaan asal Australia. Itu yang menjadi titik balik dari bisnisnya. Garibaldi Thohir berhasil menjadikan Adaro Energy sebagai perusahaan tambang terbesar kedua di Indonesia setelah PT Kaltim Prima Coal, menjadi produsen batu bara terbesar kelima di dunia.

Pada 2008, Energy melakukan penjualan saham perdana ke publik (initial public offering/IPO). Adaro mengusung produk batubara dengan brand Envirocoal, batubara yang ditambang dengan konsep ramah lingkungan. Kemudian, pada akhir 2011, Forbes menempatkan sebagai satu dari 50 Perusahaan Terbaik di Asia.

Pada 30 Mei 2013, untuk memperkuat investasi, memborong saham perusahaan yang dipimpinnya sendiri. Dia membeli 2 juta lembar saham ADRO di harga Rp 950/lembar saham atau sekitar Rp 1,9 miliar. Pada 2014, PT Power dengan anak usaha Korea East West Power Co. Ltd. Ada juga perusahaan patungan, PT Tanjung Power Indonesia yang rencananya akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 X 100 megawatt (MW) di Tabalong, Kalimantan Selatan.

Pada 2014, dinobatkan sebagai orang terkaya nomor 37 oleh majalah Forbes. Majalah itu menyebutkan kekayaannya saat itu USD 855 juta. Pada 10 Juni 2015, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi menunjuk sebagai komisaris menggantikan Dwi Soetjipto. Selain itu, juga masuk menjadi jajaran komisaris Go Jek pada tahun 2019.

Kehadiran sebagai Komisaris Independen Gojek, menggantikan Winoto Katono pemilik Provident Capital. Bahkan, kakak itu turut masuk ke bisnis digital dengan menjadi pemegang saham mayoritas dari aplikasi rintisan (startup) berbasis komunitas Muslim yakni Umma. Berdasarkan laporan Forbes tahun 2018, kekayaan masuk di urutan ke 16 dari 50 orang terkaya di Indonesia.

Saat itu kekayaannya mencapai US$ 1,6 miliar atau sekitar Rp 24 triliun (asumsi kurs Rp 14.200/US$). Sebelumnya Garibadi Thohir merupakan orang terkaya ke 23 di Indonesia versi Majalah Forbes di 2017 dengan total kekayaan mencapai US$ 1,41 miliar atau setara Rp 19,03 triliun (kurs Rp 13.500). Informasi pribadi Lahir: 1 Mei 1965 (umur 54) Pasangan: Alinda Thohir Orang tua: Teddy Thohir Almamater: Northrop University, Amerika Serikat Pekerjaan: Presiden Direktur Energy Keluarga Thohir

Perlu diketahui, dan merupakan kakak beradik. Garibaldi Thohir menikah dengan Alinda Thohir. Mereka memiliki tiga orang anak. Sementara itu, menikah dengan Elizabeth Tjandra.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0