Cara Mudah Membeli Tiket KA Lokal Lewat Aplikasi KAI Access

Cara Mudah Membeli Tiket KA Lokal Lewat Aplikasi KAI Access

Terhitung sejak 1 Maret 2019 yang lalu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuka akses pemesanan tiket semua KA lokal melalui Aplikasi KAI Access.

7 Kesalahan Memasak yang Sering Dilakukan, Banyak Orang Salah Gunakan Minyak
7 Aturan Aneh yang Berlaku di Afrika, Satu di Antaranya Larangan Penyihir Menggunakan Sapu Terbang
Kena Macet di Tol Padat? Yuk Cicipi Kuliner di Pantura, Mau Plih Sate Maranggi atau Empal Gentong

Terhitung sejak 1 Maret 2019 yang lalu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuka akses pemesanan tiket semua KA lokal melalui Aplikasi KAI Access. Sedangkan untuk metode pembayarannya, menggunakan aplikasi pembayaran digital LinkAja. Jadi sekarang tiket kereta api lokal sudah bisa dibeli secara online melalui aplikasi KAI Access.

Setidaknya ada 29 KA lokal mulai dari KA Lokal Merak, Wlahar Ekspres hingga KA Seminung/Way Umpu sudah bisa dipesan secara online. Dengan kemudahan ini, kamu tidak perlu mengantre lama lama lagi karena sudah bisa melakukan pemesanan melalui apps KAI Access. Untuk melakukan pemesanan KA lokal, kamu perlu terlebih dahulu mengunduh aplikasi KAI Access yang sudah tersedia di Google Play ataupun Playstore di ponselmu.

Setelah mengunduh aplikasi KAI Access, kamu perlu mendaftarkan diri dengan membuat akun di aplikasi tersebut. Berikut Cara Mudah Memesan Tiket KA Lokal melalui KAI Access Untuk membeli atau memesan tiket bisa dibeli lewat aplikasi KAI Access, kamu perlu menginstal Apps KAI Access terlebih dahulu yang sudah tersedia di Google Play maupun Play Store

Pendaftaran akun bisa dilakukan dengan menggunakan email atau nomor telepon kamu yang masih aktif, kamu perlu menyiapkan e KTP sebagai bukti identitas yang diperlukan. Setelah mendaftar dengan email atau nomor telepon, langkah berikutnya pilih menu 'local train' untuk melakukan pemesanan Kereta Api Lokal. Pastikan memilih tanggal keberangkatan dengan benar.

Setelah itu, kamu tinggal memilih waktu keberangkatan KA Prameks yang tersedia di hari itu. Setelah memesan dan melakukan transaksi pembelian tiket KA, akan muncul nama dan nomor identitas akun pada halaman e tiket. Untuk metode pembayaran kereta api lokal bisa dilakukan melalui e wallet (dompet elektronik) LinkAJA, jadi kamu perlu menginstal aplikasi LinkAja dan melakukan transaksi pembayaran melalui LinkAja.

Bagi penumpang yang melakukan pembelian tiket melalui KAI Access, kamu cukup menunjukkan e ticket atau bukti transaksi di menu 'Trips' tanpa perlu melakukan cetak tiket lagi. Tunjukan bukti tersebut kepada petugas stasiun, petugas pun akan melakukan proses boarding dengan memindai atau men scan e ticket, serta validasi visual. Petugas akan mencocokkan e ticket dengan bukti kartu identitas asli calon penumpang.

Selain itu, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi calon penumpang untuk bisa melakukan pembelian di KAI Access, yaitu: 1. Penumpang dapat melakukan pembelian tiket melalui aplikasi KAI Access, dengan terlebih dahulu mendaftar dan/atau masuk (login) jika sudah memiliki akun pada aplikasi KAI Access. 2. Pemesanan tiket dapat dilakukan mulai 7 hari sampai dengan 5 menit sebelum keberangkatan KA tergantung jenis KA lokal yang kamu pesan.

3. Pembelian tiket dalam 1 kali transaksi hanya 1 tiket, berarti dalam 1 kode booking memiliki 1 e tiket dengan QR code. 4. Setelah berhasil melakukan transaksi pembelian tiket, maka nama dan nomor identitas pemilik akun akan muncul di data e tiket. 5. Anak usia diatas 3 tahun wajib membeli tiket.

6. Pembayaran atas pembelian tiket dilakukan melalui dompet elektronik (e wallet). 7. Batas waktu pembayaran untuk transaksi tiket tergantung dari masing masing dompet elektronik yang dipilih. 8. Tidak dapat dilakukan ubah jadwal ataupun pembatalan pada aplikasi KAI Access. Pembatalan dan ubah jadwal hanya dapat dilakukan di loket stasiun.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0