Aturan Mengambil Foto dan Video di 5 Maskapai Penerbangan Dunia, Bolehkah?

Aturan Mengambil Foto dan Video di 5 Maskapai Penerbangan Dunia, Bolehkah?

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia tengah diterpa sebuah polemik. Hal ini berawal dari unggahan YouTuber Rius Vernandes dalam akun Instagramnya @ri

Laki Gua Pilot Merasa Dirugikan Suami Dikaitkan Penyelundupan Harley Bukan Sopir Ojol! Iis Dahlia
Ini Deretan Kebijakannya Saat Masih di Pelindo Janjikan Karyawan Bisa Happy Sisi Lain Ari Askhara
Itu Urusan Polisi Ditanya Dugaan Eksploitasi Pramugari Garuda Jokowi

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia tengah diterpa sebuah polemik. Hal ini berawal dari unggahan YouTuber Rius Vernandes dalam akun Instagramnya @rius.vernandes, yang mengunggah InstaStory tentang menu makanan di kelas bisnis Garuda Indonesia yang ditulis tangan, Sabtu (13/7/2019). Selain itu, Rius juga mengunggah video berdurasi 21 menit 7 detik melalui akun YouTube nya.

Dalam video tersebut, Rius mengaku melihat penumpang lain juga mendapatkan menu dengan tulisan tangan seperti yang ia dapatkan. Pada hari yang sama, Garuda Indonesia mengeluarkan pengumuman tentang imbauan untuk tidak mengambil foto dan video di dalam pesawat. Sebenarnya bolehkah penumpang mengambil foto atau video di dalam kabin pesawat?

Maskapai penerbangan memiliki aturan yang berbeda beda, termasuk aturan tentang mengambil foto atau video di pesawat. Jika Garuda Indonesia mengimbau penumpang untuk tidak mengambil foto dan video di pesawat, bagaimana dengan maskapai penerbangan lain? Maskapai Emirates misalnya, memperbolehkan penumpangnya untuk mengambil foto atau video di pesawat.

Mengutip dari Gulf News , penumpang Emirates dapat mengambil foto atau video menggunakan kamera atau smartphone selama tidak mengganggu privasi penumpang lain. "Penumpang harus ingat kegiatan mereka (mengambil foto atau video di pesawat) tidak mengganggu penerbangan atau penumpang lain di kabin," ujar juru bicara Emirates. Sementara maskapai Flydubai juga mengizinkan penumpangnya mengambil foto atau video di pesawat.

Syaratnya, si penumpang harus memahami privasi penumpang lain dan kru kabin yang bertugas. "Foto dengan kru kabin sebaiknya dengan seizin mereka dan jangan saat waktu waktu kritis dalam penerbangan, misalnya saat lepas landas atau mendarat," jelas Flydubai,dikutip dari Gulf News . Sama halnya dengan Emirates dan Flydubai, United Airlines juga memiliki aturan yang sama.

United Airlines membolehkan penumpang mengambil foto atau video di pesawat. Mengutip dari Fox News , penumpang United Airlines boleh mengambil foto atau video diri sendiri atau orang orang terdekat. Misalnya suami atau istri, anak, teman seperjalanan, dan sebagainya.

Namun, penumpang United Airlines dilarang mengambil foto atau video orang lain tanpa sepengetahuan atau seizin dari yang bersangkutan. Lain halnya dengan maskapai American Airlines. Meskipun American Airlines tidak memiliki aturan tertulis tentang mengambil foto dan video di pesawat, namun maskapai ini memiliki kebijakan untuk melarang penumpang.

Setahun terakhir, American Airlines memperbarui kebijakan internalnya untuk memungkinkan karyawan di bandara, termasuk konter tiket, gerbang, kargo, dan bagasi, untuk menghentikan penumpang jika ketahuan mengambil gambar, seperti diwartakan Huffington Post . "Kebijakan ini diterapkan untuk melindungi karyawan dan pelanggan," kata Andrea Huguely, juru bicara American Airlines. Maskapai JetBlue juga memiliki kebijakan serupa.

Sebenarnya maskapai Low Cost Carrier (LCC) Amerika ini tidak memiliki aturan tertulis tentang fotografi di pesawat. Namun, kru JetBlue diizinkan untuk melarang penumpang jika melibatkan privasi orang lain. "Anggota kru kami menggunakan penilaian profesional mereka dalam mengevaluasi penggunaan fotografi atau videografi yang sesuai, terutama ketika itu melibatkan privasi penumpang lain dan operasi maskapai yang aman dan terlindungi," kata Morgan Johnston, juru bicara JetBlue, dikutip dari Huffington Post .

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0