9 Kuliner Khas Bondowoso Jawa Timur yang Harus Dicicipi, Makanan dari Tape Wajib Kamu Coba

9 Kuliner Khas Bondowoso Jawa Timur yang Harus Dicicipi, Makanan dari Tape Wajib Kamu Coba

Bondowoso tidak hanya menyimpan potensi alam yang cocok sebagai destinasi wisata, tetapi juga memiliki potensi kuliner. Ada beberapa kuliner khas yang

Kedai Kopi Bertema Harry Potter Ini Tawarkan Minuman Bernuansa Magis
7 Kuliner Enak di Bogor, Coba Martabak Encek yang Legendaris
Kena Macet di Tol Padat? Yuk Cicipi Kuliner di Pantura, Mau Plih Sate Maranggi atau Empal Gentong

Bondowoso tidak hanya menyimpan potensi alam yang cocok sebagai destinasi wisata, tetapi juga memiliki potensi kuliner. Ada beberapa kuliner khas yang bisa kamu coba ketika berlibur ke Bondowoso. Tape adalah makanan yang terbuat dari singkong yang dibusukkan dan sangat familier di kalangan masyarakat dari berbagai daerah.

Tape khas Bondowoso ini berbeda dengan tape tape di daerah lainnya karena mempunyai rasa yang manis dan tektur yang lembut. Kamu bisa menemukan tape khas Bondowoso ini dibeberapa tempat. Dan berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat yang menjual tape Bondowoso yaitu Tape Manis 31, Tape Handayani, Tape Tjap Enak, Tape Manis 82 dan Tape Handayani 82.

Nah, bagi kamu yang ingin mencicipi tape dengan cara lain atau bentuk lain bisa memilih Pia Tape Bondowoso sebagai salah satu alternatifnya. Ada banyak sekali toko yang menjajakan Pia Tape di Bondowoso, jika kamu tertarik untuk menjadikannya oleh oleh. Suwar Suwir merupakan makanan khas Bondowoso yang berbahan tape.

Kue ini memiliki bentuk persegi panjang dan memiliki banyak warna. Sekilas kue suwar suwir mirip dengan dodol dengan rasa yang manis dan legit. Suwar suwir bisa kamu jadikan oleh oleh ketike berlibur ke Bondowoso.

Bakso merupakan makanan Indonesia dengan penggeamr yang tidak sedikit. Jika kamu berlibur ke Bondowoso, jangan lupa untuk mencoba Bakso Bondowoso ini. Bakso khas Bondowowo ini berbeda dengan bakso bakso lain yang berada di berbagai daerah di Indonesia, karena bakso khas Bondowoso dibuat dengan cara digulung.

Dan di dalam gulungan bakso terdapat telor goreng dadar dan daging sapi yang dicincang. Bakso Bondowoso memiliki tekstur yang sangat lembut dan mempunyai cita rasa yang enak, kamu dapat membeli bakso gulung khas Bondowoso di Jalan Raya Situbondo dengan harga sekitar Rp 15 ribu per porsinya. Nasi mamong merupakan kuliner yang cukup unik dan terinspirasi dari leluhur, seperti konsep para leluhur Bondowoso yang gemar sekali membawa bekal nasi ketika bepergian jauh, maka nasi dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus, supaya tidak basi.

Kata mamong berasal dari bahasa Madura yang berarti bingung. Nasi ini biasa disajikan dengan lauk pauk yang bebas dan sambal yang sangat pedas. Harga nasi mamong tergolong murah dan hemat dikantong, yaitu berkisar Rp 10 ribu.

Surma merupakan makanan seperti kebab, ia terbuat dari daging yang dicincang dan di tambah dengan irisan mentimun, sayur segar, tomat dan saus, lalu dibungkus dengan kulit tepung. Kamu dapat menemukan Surma atau Swarma di Jalan Raya Situbondo, depan Indomaret, Kampung Arab. Makanan tersebut memang dapat dibawa pulang untuk dijadikan oleh oleh, namun tidak cocok untuk di bawa ke perjalanan yang jauh.

Bagi Anda yang menyukai kopi, jangan pernah lewatkan untuk membeli kopi blangkon khas Bondowoso. Untuk racikan kopi blangkon ini terdiri dari kunyit, jahe, serai, kayu manis dan jeruk purut membuat kopi blankon terasa segar dan nikmat. Kopi yang dikombinasikan dengan berbagai macam bahan rempah ini dapat kamu nikmati di Nine Coffe Roastery.

Kafe tersebut juga menjual bungkusan kopi blangkon, sehingga kamu dapat membawanya pulang untuk dijadikan sebagai oleh oleh. Rujak Gobet merupakan rujak khas Bondowoso yang berbahan dasar singkong. Sebagai daerah yang terkenal sebagai daerah penghasil singkong, masyarakat Bondowoso membuat singkong menjadi banyak varian makanan, salah satunya adalah rujak.

Rujak gobet terdiri dari bahan dasar singkong kemudian dikombinasikan dengan timun, kemudian ditambahkan bumbu rujak yang dibuat dengan petis Madura. Jika biasanya rujak dicocol dengan bumbu, hal ini berbeda dengan rujak gobet , dimana singkong, timun dan bumbu rujak dicampur bagai kuah yang melimpah digelas atau mangkok. Rujak gobet tergolong sangat murah, yaitu hanya sekitar Rp 4 ribu.

Selain makanan, Bondowoso juga memiliki minuman khas yaitu tapai ngambeng. Tapai ngambeng merupakan minuman yang terbuat dari bahan bahan seperti tapai, gula, air kapur. Soal rasa jangan ditanya, karena tapai ngambeng memiliki rasa yang unik, tapai ngambeng memang sudah mulai hampir punah karena tergeser dengan minuman minuman modern.

Namun saat ini kamu masih dapat menemukan tapai ngambeng di Bondowoso dengan harga yang relatif murah yaitu sekitar Rp 5 ribu per gelas.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0