2.780 TPS di Kota Depok Dianggap Rawan

2.780 TPS di Kota Depok Dianggap Rawan

Jelang pemungutan suara pada tanggal 17 April 2019, masih ditemukan sebanyak 2.780 dari 5.775 tempatpemungutan suara (TPS) yang rawan di Kota Depok. H

Motor dan Pos Polisi Sabang Hangus Terbakar
15 Karung Surat Suara Pemilu Luar Negeri Dikirim Salah Alamat ke Hong Kong
Ketua Tim Hukum Prabowo Kelelahan, Hakim Pun Terkantuk Kantuk

Jelang pemungutan suara pada tanggal 17 April 2019, masih ditemukan sebanyak 2.780 dari 5.775 tempatpemungutan suara (TPS) yang rawan di Kota Depok. Humas Bawaslu Dede Slamet menuturkan, ribuanTPSyang rawan tersebut dinilai dari empat indikator yang diantaranya seperti penggunaan hak pilih, netralitas, dan lainnya. Untuk indikator penggunaan hak pilih, Dede menjelaskan pihaknya melihat dariTPSyang berpotensi kekurangan surat suara, karena 2330 temuan surat suara yang rusak belum mendapat pengganti dari pihakKomisiPemilihanUmum(KPU)pusat.

"Total hingga saat ini masih ada kekurangan 2330 surat suara yang rusak dan belum ada penggantinya dari KPU Pusat," ucap Dede di ruangannya, Senin (15/4/2019). Lanjut Dede, pihaknya juga menemukan ada sekiranya 50TPSyang rawan akan praktik politik uang dan isu sara. "Hasil pemetaan kita ada 50 TPS yang rawan politik uang, dan sembilan TPS yang rawan penghasutan isu sara," tandasnya.

Tak hanya itu, Dede juga menambahkan pihaknya menemukan pengawasTPSyang ternyata memiliki rekam jejak pernah berkampanye. “Ada 34TPSyang pengawasnya kita petakan memiliki rekam jejak pernah berkampanye. Beberapa diantarnya sudah dipecat," ucap Dede. Terakhir, Dede menuturkan pihaknya tengah berupaya untuk menciptakan penyelanggaraan Pemilu 2019 yang kondusif dan aman.

"Kami sudah sosialisasikan ke masyarakat untuk menciptakan Pemilu yang netral, jadi intinya masyarakat Depok pilihannya boleh beda namun jangan memprovokasi," katanya.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0