15 Fakta Unik Australia, Negara yang Punya 60 Jenis Kangguru

15 Fakta Unik Australia, Negara yang Punya 60 Jenis Kangguru

Daftar fakta fakta unik Australia yang menarik untuk traveler ketahui sebelum datang dan liburan ke sana. Ada banyak daftar fakta fakta unik Australia

Mau Traveling Keliling Asia? Ini Daftar Negara Bebas Visa Buat Turis Indonesia
9 Negara yang Jadi Tujuan Wisata Ini Ternyata Rawan Copet, Mana Saja?
Ada Spot Foto Indah Di Danau Warna Warni Tangerang, Cocok Buat Habiskan Sisa Libur Lebaran

Daftar fakta fakta unik Australia yang menarik untuk traveler ketahui sebelum datang dan liburan ke sana. Ada banyak daftar fakta fakta unik Australia yang mungkin akan traveler temui. Mulai dari fakta unik Australia tentang negara yang memiliki jumlah kanguru diperkirakan lebih banyak daripada warganya.

Fakta unik Australia lain yang cukup aneh adalah dipasangnya papan tebak tebakan di pinggir jalan. Tujuan pemasangan tebakan tersebut adalah untuk menghibur pengendara yang mungkin mengalami kebosanan di jalan. Warga di Australia yang berusia 18 tahun diwajibkan untuk mencoblos saat pemilu.

Jika tidak mencoblos atau memberikan hak suaranya akan kena denda. Denda yang dibayarkan adalah 20 50 dolar Australia, setara Rp 210 ribu Rp 523 ribu. Australia adalah rumah bagi kawanan unta terbesar di dunia.

Unta diimpor pada abad ke 19 untuk transportasi dan melakukan pekerjaan berat. Sebelumnya, telah ada sekitar 750.000 unta liar di Australia yang berkeliaran dan berdampak yang sangat serius pada keseimbangan satwa liar. Ada begitu banyak dari unta di Australia impor, sampai sampai hewan itu diekspor kembali ke Timur Tengah.

Di Australia, ada lebih dari 60 jenis kanguru yang berbeda. Bayi kanguru, yang disebut Joey, ukuran tubuhnya bisa sekecil bulir beras atau sebesar lebah. Yakni, 0,2 hingga 0,9 inci, menurut Kebun Binatang San Diego.

Ketika seekor Joey lahir, ia merayap ke dalam kantong hangat dan aman di perut induknya, dan tinggal di sana selama 120 hingga 450 hari. Australia adalah surga bagi ular piton, dan meskipun mereka bisa tumbuh sangat besar, ular ini biasanya bukan ancaman bagi manusia. Piton tidak agresif dan tidak berbisa.

Mereka bisa hidup hampir di mana saja. Bahkan, para ahli mengatakan di beberapa negara bagian di Australia, hampir 80% rumah memiliki ular piton yang hidup di bagian atap atau halaman belakangnya. Ini sebenarnya bukan hal buruk karena ular piton mampu memangsa dan mengusir tikus.

Di Sydney ada lebih dari 100 pantai dan warga Australia selalu menghabiskan banyak waktu dengan berwisata ke pantai. Banyak juga yang menyukai olahraga selancar, hingga banyak penduduknya juga memiliki papan selancar sendiri. Selain papan selancar, banyak warga Australia juga tidak sedikit yang memiliki perahu pribadi.

Biasanya mereka memarkirkan perahunya di samping mobil depan rumahnya. Fakta unik Australia lain yang bisa kamu temukan adalah mereka jarang mengkhawatirkan urusan pakaian. Berdasarkan data statistik 50 persen orang Australia jarang yang merapikan baju dengan setrika.

Bahkan jika mereka datang berkerja dengan pakaian yang kusut, tidak ada yang akan mencelamu. Selain tidak begitu memusingkan urusan pakaian, ada juga kebiasaan orang Australia lain. Yakni suka mengendarai mobil tanpa alas kaki.

Musim di Australia memiliki siklus yang terbalik. Ketika di belahan bumi utara sedang mengalami musim panas, sedangkan di Australia sedang berada dalam musim dingin. Selain musim di Australia yang memiliki siklus terbaik, tahun ajaran di sekolah Australia juga terbalik.

Tahun ajaran di sekolah Australia dimulai pada akhir Januari dan berakhir sebelum Natal dipertengahan Desember. Australia memiliki kasus kanker kulit dengan jumlah tertinggi. Hal ini disebabkan karena ada lubang lapisan ozon di atas Australia, namun lapisan ini akan pulih sekitar 30 hingga 50 tahun.

Sehingga, penduduk sempat mengikuti aturan keamanan ketika mereka terpapar sinar matahari. Selain membawa topi, penduduk Australia juga tidak diperkenankan berjalan kaki keluar, dan berjemur saat di pantai. Orang orang akan membeli tenda khusus ketika mengunjungi pantai.

Negara Australia sangat nyaman dan tenang. Kenyamanannya bahkan bisa dirasakan bagi pemakai kursi roda di sana. Pasalnya ada sebuah lift khusus untuk pengguna kursi roda.

Sistem ini tentunya sangat memudahkan pengguna kursi roda yang ada di Australia. Beberapa jalan di Australia begitu panjang dan membosankan. Bahkan hingga otoritas setempat ada yang memasang tanda lalu lintas berisi tebakan.

Tebakan tersebut bertujuan untuk menghibur mereka yang berkendara. Sejak 1988, uang kertas Australia dibuat dari plastik polimer khusus. Meskipun lebih sulit diproduksi, uang plastik lebih tahan lama.

Menurut data pada 2011, ada sekitar 34 juta kanguru di Australia, sedangkan jumlah penduduknya ada sekitar 23 juta jiwa. Hal ini menandakan bahwa lebih banyak kanguru di Australia daripada penduduknya. Meskipun lebih banyak populasi kangguru di sana, namun kamu tidak akan bisa menjumpainya di jalan jalan Sydney.

Tetapi kamu akan menjumpainya di taman nasional yang ada di Australia. Australia puya pagar terpanjang didunia dengan panjang panjang 3.488 mil. Pagar ini bernama Pagar Dingo.

Pagar ini membagi benua Australia menjadi dua bagian untuk melindungi domba dari anjing liar. Di Australia kamu akan banyak menemukan daging kanguru yang dijual di supermarket atau restoran. Namun orang Australia bahkan jarang membelinya.

Lebih dari 70 persen daging kanguru diekspor ke 55 negara di seluruh dunia.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0